2011-08-26

Panjangkan garismu!


Di suatu lomba atletik seorang pelari dengan kesalnya mengatakan bahwa kekalahannya hari itu karena penonton yang begitu berisik dan ada salah satu pelari lain yang menyentuh tangannya ketika lomba.
"pasti ia sengaja, ingin rasanya saya memukulnya, karena itulah saya kalah!"
Sang pelatih yang mendengarnya memanggilnya
"kemarilah akan saya tunjukkan sesuatu.."
kemudian sang pelatih menggambar sebuah garis di pasir.
" seandainya garis ini adalah garis dari lawanmu, coba bagaimana caramu agar garis lawanmu ini menjadi lebih pendek?"
dengan semangat pelari tersebut mengatakan" Itu sangat mudah! saya akan menghapus garis lawan ini" sambil menghapus sebagian garis tersebut sehingga menjadi lebih pendek.
Sang pelatih dengan tenang berkata "itulah masalahmu, di setiap kompetisi yang kamu fokuskan adalah 'bagaimana memperpendek' atau menjatuhkan lawan bukan 'memperpanjang garismu', seharusnya panjangkan garismu dan tentunya garis lawanmu akan menjadi lebih pendek"
Menghadapi persaingan ada bebearap tips yang dapat kita pertimbangkan :
1. Apakah kelebihan dari pesaing kita? pikirkanlah apa kelebihan mereka terhadap kita dan akuilah!
2. Kemudian tanyakan pada diri kita apakah kelebihan yang mungkin kita miliki dibanding pesaing kita? kelebihan itulah yang harus kita tingkatkan bukan mencari kelemahan lawan.
3. Tanyakan pada diri kita sejauh mana kelebihan pesaing kita dapat meningkatkan kinerja kita untuk mencapai hal yang lebih baik.
Ingat! satu-satunya cara untuk mengalahkan pesaing kita adalah membuat kemampuan kita menjadi lebih baik dan tak tertandingi!

No comments:

Post a Comment

Tips dan Trik

Search This Blog